… on FB Feb 12, 2014

Feb 12, 2014

Frans Pekasa

Kisah Cabe cabean

Cabe di piring ini mungkin termasuk mahal. Sy membelinya seharga @ Rp. 100/bh. Tapi ini adalah hasil budidaya anakku sendiri yg msh duduk dibangku kelas 4 SD. Dia yg menanam dan merawatnya. Sy berjanji membeli hasil panennya seharga Rp. 100/bh. Mungkin terasa mahal, tp buat sy, ini sangat murah. Ini adalah sekolah kehidupan. Dia memerlukan pelajaran ini buat bekal hidupnya kelak. Di sini, Dia belajar bertanggung jawab, belajar berusaha, belajar mengenai proses, belajar menghargai uang, belajar sabar, dan banyak hal lainnya.

Hal yg sama jg sy alami ketika sy kecil. Walau di rumah ada 2 org pembantu dan seorg supir, Org tua sy selalu memberi tugas2 kecil kpd sy dg bayaran kecil dan sy selalu dg semangat melakukannya.
Ketika sy dewasa, sy sadar orang tua sy bukan ingin mempekerjakan sy, tetapi dia ingin mendidik sy dan itu akan sy ajarkan kepada anak sy.

Sesuatu yg lebih SUPER lagi dilakukan sahabatku Pak Syafi’i .. Beliau bilang ‘ngasih uang jajan ke anak itu terlalu Mainstream’ dan tdk mendidik. Dia menyiapkan 5-10 potong agar2/ puding/ jajan pasar yg berbeda2 setiap hari buat bekal DAGANG anaknya di sekolah.
Bukankah kita semua tahu, lebih baik memberi pancing drpd memberi ikan nya? Tp knp kita tdk menerapkannya kepada anak sendiri yg kita cintai?

Mari menjadi orang tua yg bijak dan cerdas. Didik anak kita dg baik agar kelak mereka mampu menjadi pribadi2 yg unggul dan tangguh. Yg mampu membanggakan dan membahagiakan keluarganya.
Aamiin

25 comments

Comments are closed.