… on FB Jan 12, 2014

Jan 12, 2014

Frans Pekasa

BERBURU DI KEBUN BINATANG
(base on my true story)

Sekitar 20 thn yg lalu. Sy sempat berjualan komputer ke teman2 utk menambah penghasilan. Namun penghasilan itu tdk seberapa dan tdk bs continue.
Satu saat, ketika sy belanja komputer di HiTech mall / THR mall surabaya, sy bertemu ibu2 yg minta tolong untuk dipilihkan komputer yg baik utk anaknya.
Sy membantunya memilihkan spec yg tepat utk anaknya. Sepulang dr sana sy diberi uang 20rb.
Dari sini muncul idea, ternyata KALO MAU BERBURU, YG PALING MUDAH YA DI KEBUN BINATANG. Paling gampang cari calon pembeli komputer ya di HiTech Mall. Ga perlu muter muter nawarin.

Setiap tdk ada kuliah, sy selalu mangkal di kantin kecil dkt lift. Sambil menunggu mangsa ibu2/bapak2 khususnya yg membawa anak kecil masuk ke dalam lift. Kemudian sy ikut masuk dan mulai membuka pembicaraan dg berpura2 sebagai calon pembeli juga.
“Mau ke lantai berapa, bu? ” Sambil membantu memejetkan nomor yg diminta.
“Wah.. anaknya lucu sekali.”
“Sy jg mau beli komputer. Sy sdh punya langganan di sini. Sekalian sj di tempat langganan sy. Nanti sy bantu pilihkan spec yg bagus dan murah”
Dll dll dll

Selanjutnya sy menggiring dan berpura2 memesan komputer jg di toko M**** D****** dan membantu memilihkan spec utk ibu tadi.

Setelah berpisah, saya naik kembali ke toko tsb dan mengambil komisi rp 50rb sd 100rb. Jumlah yg cukup besar utk masa itu. Selain itu, sy jg menawarkan jasa les komputer 2x pertemuan langsung bisa dan tambahan service computer.
Walhasil.. rasanya sy menjadi salah satu mahasiswa yg paling banyak uang, tanpa bantuan org tua.

20 Thn berlalu, ternyata tidak ada yg meneruskan atau mengikuti pekerjaan saya ini. Ternyata idea itu msh up to date. Kita msh bs menirukan cara2 yg sdh dilakukan orang 20 thn yg lalu.

Bahkan mungkin kita msh bs menirukan cara2 yg dilakukan Joe Girard 50 thn yg lalu. Sebagai penjual mobil terbanyak di dunia sepanjang masa.

Tetap semangat dan Truslah belajar melihat peluang, kadang idea2 kecil pun mampu merubah hidup kita.

Smoga menginspirasi..

25 comments

Comments are closed.